Review Buku Pengantar Ilmu Pariwisata
Buku Pengantar Ilmu Pariwisata adalah sebuah buku yang ditulis oleh beberapa akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Buku ini diterbitkan oleh DOTPLUS Publisher pada tahun 2022 dengan ISBN: 978-623-6428-66-5. Buku ini disusun sebagai bahan bacaan bagi mahasiswa pariwisata, khususnya yang duduk di tahun pertama perkuliahan. Buku ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang tertarik dengan tema pariwisata.
Buku ini terdiri dari 12 bab dengan berbagai tema yang berkaitan dengan ilmu pariwisata. Bab pertama membahas tentang sejarah singkat kelahiran pariwisata sebagai ilmu mandiri di Indonesia, realitas yang menjadi fokus kajian ilmu pariwisata (ontologi), kebenaran dalam ilmu pariwisata (epistemologi), unsur nilai dan manfaat ilmu pariwisata (aksiologi), serta pergeseran paradigma pariwisata di Indonesia. Bab kedua membahas tentang pariwisata sebagai sebuah sistem, model sistem pariwisata, sistem pariwisata dalam pendekatan teoretis dan praktis, serta subsistem internal dan eksternal pariwisata.
buku pengantar ilmu pariwisata pdf
Download File: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Furluso.com%2F2tGQuD&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw11T9sAsMlIhjAvkAIQ6AMN
Bab ketiga membahas tentang wisatawan dan winisatawan yang meliputi konsep wisatawan dan winisatawan serta pola interaksi di antara keduanya. Bab keempat membahas tentang pemangku kepentingan pariwisata dalam model triple helix, quadruple helix, dan quintuple helix (penta-helix). Bab kelima membahas tentang konsep daya tarik wisata, kriteria daya tarik wisata, dan jenis daya tarik wisata. Bab keenam membahas tentang produk pariwisata yang meliputi pengertian, karakteristik, dan pengembangan produk pariwisata.
Bab ketujuh membahas tentang destinasi pariwisata yang meliputi konsep, komponen, dan siklus hidup destinasi pariwisata. Bab kedelapan membahas tentang usaha pariwisata yang meliputi pengertian dan jenis usaha pariwisata serta kondisinya antara sebelum dan pascapandemi. Bab kesembilan membahas tentang pemasaran pariwisata yang meliputi pengertian, tujuan, dan karakteristik pemasaran pariwisata yang dilanjut dengan permintaan dan penawaran, bauran pemasaran (marketing mix), positioning, diferensiasi produk, media pemasaran, dan segmentasi pasar pariwisata.
Bab kesepuluh membahas tentang dampak pariwisata yang meliputi konsep dampak pariwisata sekaligus dampak positif dan negatif pariwisata terhadap perekonomian, sosial, budaya, dan lingkungan. Bab kesebelas membahas tentang pariwisata berkelanjutan yang meliputi implementasi pilar-pilar pariwisata berkelanjutan menurut GSTC dan UNWTO serta upaya Kemenprekraf dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Bab terakhir buku ini berisi gambaran singkat tentang pariwisata pascapandemi Covid-19 yang meliputi perilaku wisatawan pada masa pandemi Covid-19, tren pariwisata pascapandemi Covid-19, dan strategi adaptasi industri pariwisata.
Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan disertai dengan contoh-contoh kasus dari berbagai daerah di Indonesia. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar ilustratif, tabel-tabel informatif, diagram-diagram analitis, serta referensi-referensi terkini. Buku ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin mempel 0efd9a6b88
https://www.stemcuriosity.org/group/mysite-200-group/discussion/7717181d-1949-4115-9516-017e74bf2844